Rabu, Juni 18, 2008

My Ubud UMPC & HP Deskjet F380

Rabu minggu lalu pas di ajang Festival Komputer Indonesia (FKI) 2008, daku membeli sebuah notebook mungil yang biasa disebut UMPC dengan merek Ubud (Zyrex). Daku mengira di FKI akan ada harga promosi, tetapi ternyata harganya sama saja dengan harga normal dan masih kena credit card charge. Ya..bigimana lagi..daku udah terlanjur jatuh cinta dengan Ubud yang harganya 5juta kurang duikit. Fotonya kayak yang disebelah ini.

Bentuknya yang imut, cuman sebesar buku agenda, dan berat kurang dari sekilo membuat Ubud menjadi gadget yang lucu. Secara umum performanya lumayan...(yah...lumayan untuk ukuran orang seperti aku yang engga terlalu ngerti TI). Untuk browsing lumayan cepat, tapi sayang engga ada colokan untuk kabel telepon, yang ada hanya colokan untuk kabel data. Terpaksalah daku pake blutut ke henpun dengan simcard Mentari,ya..pake yang time based lah. Sekalian daku nyobain browser Opera.

Untuk buka word dan excel..sepertinya engga ada masalah.

Yang agak bermasalah adalah untuk nginstall printer. Daku punya printer HP Deskjet F380. Nah pada saat dilakukan instalasi ternyata ada masalah. Masalah pertama adalah processor-nya Ubud yang VIA C7-M ULV 1.2GHz, 128KB L2 Cache, 400MHz FSB dianggap kurang memenuhi syarat, minimal kudu Pentium III,....weleh...weleh...weleh
Masalah kedua adalah resolusi layar Ubud yang senilai 800x480 dianggap kurang mendukung pula, gubraakkkk.

Akhirnya instalasi printer HP Deskjet F380 hanya berhasil sampai tahap 1, alias hanya bisa dipakai untuk ngeprint doang. Padahal printer tersebut multifungsi yaitu bisa untuk scanner dan fotocopy pula. Yaa...gimana nih...apa ada yang bisa bantuin diriku ?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

aku juga punya printer yang sama...
trus sekarang ga bisa buat print, tapi buat scan n copy nah bisa..
sebelunya ada laporan low ink, tapi aku buat copy masih ada tintanya...trus gimana yah? ada ide tak? thanks