Kamis, Februari 22, 2007

SEKOLAH, perlu apa engga ?


Sekitar jam 9-10 malam biasanya terlihat beberapa metromini dan bis yang ngetem di Sarinah Thamrin dan depan Plaza Indonesia. Ya..pada jam – jam itulah terjadi bubaran karyawan/ karyawati yang dari pagi hingga malam berdiri menawarkan dagangannya. Para penjaga toko tersebut tentulah bukan lulusan SD atau SMP. Sebagaian besar adalah lulusan SMA dan Diploma, bahkan tidak jarang yang telah jadi Sarjana. Ini menunjukkan bahwa pemerintah telah berhasil meningkatkan taraf pendidikan rakyatnya.
Namun apakah peningkatan pendidikan sejalan dengan peningkatan kesejahteraan ? Kayaknya masih jauh dari harapan dech. Bahkan saat ini persyaratan kerja semakin tinggi saja. Kalo dulu lulusan SMP masih bisa diterima kerja, lha sekarang....yang namanya sarjana aza masih banyak yang nganggur.
Di tempat kerjaku juga terjadi hal serupa. 10 tahun lalu jika dibuka lowongan untuk D3, maka yang daftar ya cuma lulusan D3. Gengsi bo’ masak lulusan S1 ikut bertarung dengan D3. Apalagi yang lulusan S2, engga bakal ngelirik dech lowongan buat D3.
Tetapi sekarang keadaan telah berubah. Meskipun lowongan dibuka untuk D3, tetapi pendaftar terbanyak justru lulusan S1, beberapa lulusan S2 juga engga malu untuk ikutan melamar. Akibatnya ....yang lolos seleksi dan diangkat sebagai pegawai didominasi oleh lulusan S1 dan S2. Ya...yang untung adalah perusahaan karena mendapat karyawan S1 dan S2 tetapi dengan gaji D3.
Nah kalo gitu siapa yang salah ?
Selama ini kita hanya diarahkan untuk belajar dan belajar. Segala ilmu dijejalkan, mulai dari aritmatika, fisika, ekonomi, hingga pelajaran agama. Target utama adalah melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, bukan bekerja. Seandainya sejak dini, pelajar telah dibekali dengan materi kewirausahaan dan ketrampilan kerja, maka mereka tidak perlu mengunggu lulus S2 untuk bekerja. Mereka bahkan tidak perlu bekerja pada orang lain, tetapi jadi pengusaha kecil-kecilan.
Lha..terus apa gunanya sekolah kalo setelah itu jadi pengagguran atau cuma jadi penjaga toko ?
Untuk jadi penjaga toko modalnya cuma satu, yaitu kaki yang kuat (berdiri terus bo), tetapi untuk bisa menjual dagangan, dibutuhkan pengetahuan tentang produk. Untuk bisa tahu suatu produk, diperlukan otak yang encer. Nah agar otak encer perlu stimulus, dan itu bisa diperoleh dari sekolah.
Jadi untuk menjadi penjaga toko pun perlu sekolah, sehingga komunikatif dengan pelanggan dan omzet penjualan meningkat. Jadi sekolah itu penting.

Tidak ada komentar: