Sabtu, Maret 21, 2009

Engga Capcai Lagi Ah !

Membaca tulisan om Samuel Mulia di Kompas edisi Minggu 15 Maret 2009 yang berjudul Capcai Deh, membuat saya rada sadar bahwa memang setiap insan memiliki dunia masing-masing. Ada yang seneng dunia mode seperti om Samual Mulia, sehingga sangat mendalam pengetahuannya dibidang fashion namun belum tentu di bidang lainnya. Ada yang suka politik namun belum tentu paham budi pekerti. Ada yang suka dagang namun belum bisa membedakan yang halal dan haram. Setiap orang ternyata memiliki kekurangan yang mungkin disebabkan orang tersebut belum mendapat pencerahan atas ilmu tersebut.


Dulu..bahkan sampai sekarang....kadang saya suka gemes kalo bertemu dengan orang yang engga ngerti bedanya Microsoft Windows dan Microsoft Office. Tapi kalo saya disuruh menjelaskan perbedaan dua benda tersebut...ya tahunya cuma MsWindows itu Operating System sedangkan MsOffice itu Program Aplikasi. Lha kalo ditanya lagi tentang O/S..yah..menthok dech..Lha wong tahunya cuma seupil. Kalo disuruh menguraikan tantang MsOffice ya..tahunya cuma MsWord, MsExcel ya...yang kulitnya saja, itupun mungkin masih terbilang kulit ari.

Lha apa iya..dengan pengetahuan saya yang cuman seuprit itu lantas saya berhak untuk berkata...Capai Deh..terhadap orang lain yang belum mengerti sama sekali. Ah..rasanya memang sangat tidak pantas. Bener kata Om Samuel, bahwa seyogyanya kita tidak menggurui orang yang belum tahu, tapi justru menjadi guru bagi mereka yang belum tahu. Dan untuk menjadi guru yang baik..tentu saja tidak boleh berkata Capai Deh terhadap murid yang belum tahu bahkan terhadap murid yang rada lemot atau kurang minat.

Kalo saya ketemu dengan petani jagung, terus diajak ngobrol tentang perjagungan..ya..sampai mulut berbusa..mungkin saya engga bakalan ngerti..lha wong bukan jalur saya. Bisa jadi Pak Tani tersebut berkata.."Capai Deh...menanam jagung saja engga ngerti..engga gaul sich kamu".

Jadi mulai sekarang saya akan berusaha membuang jauh-jauh kata Capjai Deh.

1 komentar:

Rich mengatakan...

ga capcai...tape cape deh...hehe...pakabar mas...