Rabu, Juli 19, 2006

DEMI WAKTU

Kemarin malem, kebetulan aku lagi engga ada kesibukan, jadi aku sempetin datang ke pengajian di mesjid deket rumahku yang disampaikan oleh Pak Othman Shihab (wah bener engga ya..namanya). Topik yang dibahas cukup sederhana yaitu Q.S Al- Ashr, itu tuh surah pendek yang paling banyak dihafal oleh muslim Indonesia (andalan saya juga sih).

Pak Ustad menerjemahkan bahwa kehidupan kita saat ini..ya seperti itu...sudah memasuki waktu ashar. Mengapa ?
Pak Ustad membagi tahapan kehidupan ini dalam 6 fase, yaitu alam ruh, alam nutfah (sperma& seltelur), alam rahim (kandungan emak), alam dunia, alam kubur dan alam akhirat..(pak ustad maaf yaa.. kalo salah kutip). Artinya kita sekarang berada di fase 4/6 alias 2/3 alias Ashar.
Tetapi sudahkah kita menyadari hal itu ? Sudahkan kita "eling" bahwa begitu banyak kesia-sia-an yang kita perbuat.
Mari kita hitung...jika umur kita 60 tahun, dan tidur 8jam sehari, maka kita hanya "melek/terjaga" dalam 40 tahun. Jika sehari kita berkerja 8 jam ditambah macet 4 jam, berarti kita cuma punya sisa waktu 10 tahun . Dari sisa waktu 10tahun tersebut, sebagain besar kita habiskan untuk bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga sehingga hanya tersisa 30 menit setiap hari untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Artinya kita cuma punya waktu 6 menit untuk melakukan sholat (30 dibagi 5)
Dan disaat sholat-pun terkadang kita masih memikirkan kehidupan dunia kita, sehingga waktu kusyuk hanya sekitar 3 menit. Artinya dalam 60 tahun (21,900 hari) kita hanya punya waktu sebanyak 228 hari untuk menghadap Tuhan....walah...kok cuma sedikit ya.. alokasi waktu saya untuk Tuhan cuma 1.04%, sedangkan yang 98.96% terbuang sia-saia...Masya Allah.

1 komentar:

NugrohoPrasetyoAdi mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam kenal dari Nugroho Prasetyo Adi (Nugroho)saya suka dg artikel Sdr.Harrie ttg "DEMI WAKTU" memang kita terlalu banyak membuang waktu, sedangkan peluang hidup semakin menghilang, didepan telah menunggu gerbang barzah. Mudah-mudahan kita dapat memberikan nilai terhadap waktu yg ada.
Wassalamu'alaikum WrWb