Sabtu, Februari 24, 2007

Yuk Jalan-jalan ke Museum


Pada akhir pekan, biasanya warga Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya menghabiskan waktunya dengan mengunjungi mall, kebun binatang atau berlibur ke pantai. Jarang banget warga metropolis yang meluangkan waktu untuk mengunjungi museum. Aku juga sich, sampai punya anak 1, baru mengunjungi 2 museum, yaitu Museum Mpu Tantular (sekarang jadi Museum Seni Jawa Timur) waktu masih pakai seragam putih merah dan Museum Sampoerna (rame-reme sekeluarga) waktu mudik lebaran. Padahal kalo dipikir-pikir dengan mengunjungi museum, kita bisa dapet banyak elmu. Mulai dari sejarah Majapahit hingga sejarah Indonesia. Oh yaa..aku juga pernah mengunjungi Museum Layang-Layang, tetapi dalam rangka menghadiri pesta kebun pernikahan temen-ku. Aku juga udah pernah masuk ke museum Purna Bhakti Pertiwi yang ada di kompleks TMII, wah koleksinya keren bo, suvenir kenegaraan dari negara tetangga.
Rencananya sih kalo Raffa udah agak gedhe dikit, aku mau mgajak lan-jalan ke museum, kebetulan Nita juga suka jalan ke Museum. Minggu lalu, aku mau ke Museum Satria Mandala , Museum Nasional (Monas)....halah udah sekian tahun tinggal di Jakarta, tapi belum pernah ke Monas. Museum Gajah kayaknya keren juga. Kalo ngeliat daftar museum di wikipedia ternyata lumayan banyak juga, belum lagi yang tidak terdaftar di wikipedia dan yang ada di luar Jakarta.
Kayaknya kalo kunjungan wisata ke museum di Jakarta atau kota lainnya engga perlu budget yang besar, lha wong tiket masuknya aza murah meriah, terus makannya juga murah meriah, biasalah bakso dan teh botol.
Kondisi ini berbeda 180ยบ dibandingkan museum di luar negeri. Kalo di Paris atau Amsterdam, pengunjungnya selalu bejibun (tetapi kayaknya bukan bule lokal, tetapi bule dari negeri tetangga). Meskpun harga tiket masuknya mahal, tetapi tetap laku juga, udah gitu suvernir juga mahal. (maksudnya mahal kalo di-rupiah-kan). Makanya waktu ke sana aku engga mikir rupiah-nya, bikin sakit hati.
Nah..kalo gitu..mari kita tingkatkan kunjungan ke museum, mumpung masih murah dan kayaknya engga kalah dengan museum di luar negeri.
Ayo ke Museum....!!!

Tidak ada komentar: