Sabtu, Mei 17, 2008

Remaja 19 Tahun Jadi Walikota

Ketika Bang DOEL (Rano Karno) terpilih menjadi Wakil Bupati Tangerang dan Dede Yusuf terpilih menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat, maka muncul beberapa komentar miring tentang artis yang menjadi pejabat publik. Bahkan ada yang rada sewot menyatakan bahwa kemungkinan Mas Tukul bisa jadi Presiden RI. Apalagi ketika Syaiful Jamil dan Didin Bagito ikutan mencalonkan diri menjadi calon Wakil Walikota Serang, maka suara sumbang tentang pencalonan artis sebagai pejabat publik semakin nyaring.

Sebenernya, dengan sistem pemilihan langsung seperti sekarang ini, maka siapa saja bisa mencalonkan diri menjadi Bupati/Walikota, Gubernur bahkan Presiden baik melalui jalur partai maupun jalur independen. Dari Sopir Bajaj sampai Profesor lulusan universitas luar negeri punya kesempatan yang sama untuk menjadi Pemimpin. Apa salahnya kalo ada artis ikut mencalonkan diri dalam Pemilu. Saat ini sebagian besar daerah hanya mensyaratkan minimal lulus SLTA/SMA/SMU untuk menjadi calon Pemimpin Daerah. Padahal kita tahu bahwa sebagian besar artis kita merupakan lulusan SLTA bahkan banyak juga yang lulusan S2, jadi apa salahnya kalo mereka ikut memeriahkan Pilkada bahkan PilPres.

Tadi pagi, ketika saya membaca koran IndoPos halaman 3, saya menemukan berita yang berjudul REMAJA 19 TAHUN PIMPIN KOTA DI AS. Gubraaakkkk....Huebat banget. Yang seperti ini pasti gak bakalan terjadi di Indonesia. Mengapa ? Karena para tokoh Sepuh masih tidak rela berada dibawah ketiak anak muda. Gengsi Dong.

John Tyler Hammons yang masih berusia 19 Tahun akan memimpin kota Muskogee di Negara Bagian Oklahoma, AS. Dia merupakan walikota termuda kedua di AS. Walikota termuda di AS adalah Michael Sessions yang memimpin kota Hillsdale di Negara Bagian Michigan pada usia 18 tahun. Huebat khan.
Konon khabarnya beberapa Kades (Kepala desa) di Indonesia yang dipilih secara langsung oleh warga juga masih berumur 20-30th. Beberapa anggota DPR juga berusia dibawah 30 tahun. Wah huebat juga khan. Kapan ya ada Walikota, Gubernur, atau Presiden berusia dibawah 30 tahun ?
Berita tentang walikota remaja AS bisa di baca di Radar Bogor Online, ABC NEWS, atau cari di Mas Google atau baca beritanya di bawah sini :

17-05-2008 11:16 WIB (Radar Bogor Online / IndoPos Edisi Cetak)
Remaja 19 Tahun Pimpin Kota di AS
Baru Lulus SMA Jadi Walilikota

MUSKOGEE – Kota Muskogee di Negara Bagian Oklahoma, Amerika Serikat, dipimpin seorang remaja berusia 19 tahun sebagai wali kota. John Tyler Hammons, nama walikota termuda kedua di AS itu, bahkan masih menempuh pendidikan tinggi di Universitas Oklahoma. Wali kota termuda di AS adalah Michael Sessions yang terpilih memimpin Hillsdale, Negara Bagian Michigan, saat usianya baru menginjak 18 tahun.

Hammons mendapat kepercayaan memimpin kota berpenduduk sekitar 38.000 tersebut setelah meraih 70 persen suara dalam putaran kedua pemilihan wali kota 13 Mei lalu. Saat diwawancarai ABCNews.com, dia menyatakan sangat gembira atas kemenangan itu.

Meski di luar kebiasaan –seorang remaja memimpin sebuah kota– dia tetap merasa normal sebagaimana remaja lainnya. ’’Di luar keinginan besar saya di pemerintahan, saya cukup normal. Saya mungkin supernormal,’’ kelakarnya.

Pengambilan sumpah dijadwalkan berlangsung 19 Mei lusa. Hammons berharap jabatannya itu adalah awal karir politiknya. Dia yakin bidang yang dipilihnya adalah jalan terbaik untuk masa depannya. ’’Ini yang saya rasa benar untuk dilakukan. Saya mencoba sebisa saya untuk memastikan itu terjadi,’’ ujarnya.

Ketertarikan Hammons terhadap politik terlihat pada bidang yang dipelajari di Universitas Oklahoma. Dia mengambil jurusan ilmu politik dalam kuliahnya yang masih dua semester. Dia baru lulus SMA setahun lalu.
Meski sangat muda, dia yakin mampu memimpin kota dengan sembilan orang anggota dewan kota tersebut. ’’Satu-satunya hal yang merisaukan saya adalah bahwa saya tidak pernah menjadi wali kota sebelumnya,’’ ungkapnya.

Meski belum resmi dilantik, banyak hal yang telah menarik perhatiannya untuk segera diselesaikan. Salah satunya adalah masalah kejahatan di Muskogee. ’’Keamanan publik adalah sesuatu yang akan kita jamin,’’ ujarnya.
Hal lain yang ingin dilakukannya adalah mempromosikan penerimaan terhadap perbedaan di kotanya. ’’Muskogee adalah tempat yang sangat beragam. Kita harus memecahkan segala rintangan dan saya rasa dengan kemenangan saya, kita bisa melakukannya,’’ ujarnya.

Sebagai sesama wali kota remaja, Sessions memberikan beberapa saran kepada Hammons. ’’Hammons akan dilihat sebagai orang luar dan anak kecil dalam beberapa kunjungan kehormatan, tapi dia harus mengatasinya,’’ tuturnya.

Apa yang disarankan Sessions itu berdasar pengalaman pribadi yang dijalani selama dia menjabat wali kota termuda. Dia juga meminta agar Hammons berani menyangkal jika dalam sebuah rapat orang yang lebih tua membuat komentar yang tidak masuk akal. Bagaimanapun, hanya waktu yang bisa membuktikan mereka akan menjadi wali kota yang andal atau tidak. (berbagai sumber/sha/ruk)


Photo Mas Walikota dicopy dari http://www.southernledger.com

Tidak ada komentar: