Selasa, September 25, 2007

Penyakit Angop

Maaf..mungkin Anda tidak mengenal kosa kata Angop di dalam Bahasa Indonesia. Dicari sampai lebaran tiba juga engga akan ketemu. Anggop adalah kosa kata bahasa Jawa yang artinya adalah "Menguap" yaitu suatu aktivitas yang terjadi ketika seseorang mulai mengantuk. Tapi saya engga yakin apakah semua orang Jawa mengenal kosa kata "angop". Saya coba cari kata "angop" di wikipedia...ora ketemu. Yang ketemu justru kata "kuap" yang artinya ada di sini.


Ceritanya begini, sejak hari Sabtu kemarin, entah mengapa....sejak makan sahur aku selalu angop (menguap). Dalam sehari aku bisa angop lebih dari 20 kali..(ini sih kira-kira saja...kerana engga sempet ngitung sih). Lagi enak-enaknya kerja atau meeting..eh..tiba-tiba..pingin angop. Duh ini khan engga sopan dan memalukan. Dikiranya aku lagi ngantuk. Padahal...asli ...tidak mengantuk.

Sampai detik ini...intensitas Angop-ku masih cukup tinggi. Aku engga tahu apakah ini penyakit atau karena titik Angop-ku lagi tertotok. Kalo di pilem silat/kung fu khan ada pendekar yang bisa menotok musuhnya hingga ngakak terus sepanjang hari. Nah ini kejadiannya mirip denganku, sepanjang hari selalu angop tiada henti.

Mau ke ke Dokter...koq rasanya agak aneh.
Kalo dokter bertanya : " Pak'e keluhannya apa ?
Aku mau jawab apa ? sering angop ?...wah..engga lucu khan.
jadi yang saya lakukan adalah berdoa saja..semoga angop-ku kembali normal.

eh..kalo ada yang pernah mengalami hal serupa..tolong beritahu aku resepnya ya..

4 komentar:

Vina Revi mengatakan...

hehe, jelas nggak bakal ketemu di Wikipedia. Karena kata angop belum masuk dalam bhs Indonesia. Sama halnya dengan kata Mbothok ...

Anna Rochanti Madden mengatakan...

Aku juga suka angop walaupun tidak puasa. Malu kadang2. Payahnya, kalau lapar perutku bisa bunyi keras banget, duh malunya ampun! Dulu waktu aku kerja dan sering angop, solusiku begini: aku sering ke rest room (bagus kalau sikat gigi), basahin muka, leher dan punggung. Biar rasanya dingin badannya dan jadi seger. Selamat mencoba!

Harrie mengatakan...

#Vina : Kayaknya kita perlu masukin sendiri di Wiki Basa Jawa dech hik.
#Anna : hah..basahin punggung ? perlu bawa handuk juga dunk?

ichaAwe mengatakan...

penyakit angop emang kumatnya pas bulan puasa mas. ...